SPEAK UP
(SEMALAM PENYULUHAN AIDS & NARKOBA UNTUK PEMUDA)
                   Berbagai aksi seremonial di sejumlah kota di Indonesia turut menghiasi Hari Anti Narkoba yang jatuh pada tanggal 26 Juni 2011. Seperti biasa, mayoritas aksi-aksi ini di pelopori oleh kaum muda. Tak ketinggalan, sekelompok pemuda yang tergabung dalam Indonesian Future Leaders Sulawesi Selatan turut menginisiasi sebuah event yang diberi nama SPEAK UP. Event yang dikemas dalam bentuk penyuluhan ini bertujuan untuk memberi pengetahuan yang lebih dalam mengenai narkoba dan AIDS.

                   Event yang dilaksanakan pada hari Sabtu malam (2/07/2012) di Lapangan Pemuda Bulukumba ini menghadirkan dua pemateri yang expert dibidangnya. Sesi pertama diisi oleh Ainum Jhariah Hidayah (Mahasiswi FKM Unhas) yang membawakan materi berupa bahaya HIV/AIDS, proses penularan, serta cara pencegahannya. Sedangkan pada sesi kedua diisi oleh Bapak AKP.Umar.S (Kasat NAPZA Kab.Bulukumba) yang memberikan penjelasan mengenai hukuman yang bisa menjerat pengedar, pemakai atau pun pengedar sekaligus pemakai narkoba.

                   Kegiatan yang berdurasi ± 2 jam ini ternyata cukup menarik perhatian para pemuda/i Bulukumba. Antusiasme mereka terlihat dari keseriusan mereka saat menyimak materi-materi yang disampaikan. “Kegiatan ini jelas memberikan banyak manfaat bagi saya dan teman-teman. Selain menambah pengetahuan, event ini juga pas mengisi kegitan kami di malam minggu daripada keluyuran tidak jelas dijalananan.” Komen Adi, salah satu peserta SPEAK UP. Komentar-komentar positif lainnya yang juga berdatangan melalui jejaring sosial menunjukkan bahwa acara ini cukup sukses memberikan pencerahan bagi kaum muda-mudi Bulukumba.

                   “Harapan kami kedepannya adalah semoga kegiatan seperti ini bisa dilaksanakan secara rutin dan bukan hanya sekedar seremonial belaka. Mengingat Kabupaten Bulukumba memiliki kuantitas pengguna narkoba dan pengidap penyakit AIDS yang cukup tinggi di Sulawesi Selatan, kami selaku panitia berharap bisa terus menyebar bibit-bibit äufklärϋng agar para pemuda ini bisa menikmati quality time mereka di masa muda dengan sebaik-baiknya.” Ujar Iqbal, panitia SPEAK UP.
                  


Leave a Reply